Cara mudah membuat HTML

Masa sekarang ini membuat web menjadi lebih gampang !!!.

Membuat website memang gampang-gampang susah. Atau katakanlah membuat banner saja kita kadang kerepotan karena kita tidak terlalu menguasai desain grafis atau menguasai tetapi terlalu banyak ide sehingga tidak satupun ide keluar karena rombongan ingin keluar semua.

Sebenarnya kalau kita telaten dengan notepad dan paint saja, kita sudah dapat membuat website. Namun bagi sebagian orang membuat script html dengan notepad dan design dengan paint kurang begitu efisien. Maka dari itu, disini saya ingin menyampaikan cara lain yang lebih cepat. Di website ini saya tidak bermaksud menggurui namun ingin memberi saran alternatif bagi yang ingin membuat website. Salah satunya dengan menggunakan software pembantu.

Dengan semakin banyaknya software pembantu, penyusunan halaman web baik dari segi pengolah grafis maupun pengolah script, sekarang membuat website semakin mudah dilakukan. Anda pasti sudah mengenal seperti Macromedia Dreamweaver ataupun Front Page. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa dengan software pengolah grafis seperti salah satunya Adobe Photoshop atau juga Macromedia Fireworks dapat membantu kita membuat web dengan sangat cepat, mudah dan bagus. Anda tidak harus menguasai semuanya, pilih salah satu saja sudah cukup. Tapi memang menguasai software yang lain akan meningkatkan wawasan dan membuat efek-efek yang kita buat semakin menarik>> tergantung dari kreativitas kita.

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa saya cuma menyebutkan software diatas, karena memang yang dibutuhkan adalah:

♥ Tool slice yang ada dalam software tersebut.

♥ Juga mode save for web sehingga kita mudah untuk menyimpan file hasil slice ke file html.

Untuk artikel ini kita fokus dulu ke tool slice dan save for web. Biasanya kita kesulitan membuat halaman web ketika setelah merancang tampilan diatas kertas kemudian menuangkannya di layar monitor. Kalau kita langsung menggunakan Dreamweaver kita dapat menggunakan tabel atau tag div untuk membagi ruang namun, terkadang walaupun sudah kita beri ukuran width dan height per <td> tetap saja lari.

Nah bagi anda yang pernah menggunakan photoshop

Silahkan coba anda buat halaman ukuran web biasanya tergantung dari keinginan kita masing-masing tidak ada aturan standart misal 800 X 600 pixels resulusi 72 pixels/inch. kemudian tidak usah di beri gambar dulu lalu gunakan tool slice untuk membagi-bagi untuk tempat banner, tombol, body, footer dan silahkan berimprovisasi. Kemudian simpan dengan save for web. Maka anda akan menemukan bentuk yang anda buat tadi berekstensi .php. Sekarang tinggal menaruh gambar memberi tulisan. Atau, bila anda sudah mengerti cara kerja metode slice tadi tempatkan gambar banner, tombol atau bagaimana anda merancang di photoshopnya dulu lalu baru di slice. Silahkan mencoba…

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s