Dasar Desain Web

Dasar PHP

by : inwahyu

Dewasa ini perkembangan sarana untuk bertukar informasi semakin banyak macamnya dan semakin hebat juga fiturnya.  Memang informasi harus didukung dengan perangkat yang memadai sehingga informasi sampai kepada yang membutuhkan tanpa adanya distorsi atau juga kesalahan. Salah satu cara bertukar informasi adalah melalui media internet. Dan dalam internet yang sering kita gunakan untuk bertukar informasi adalah website.

Website yang biasa kita lihat sebenarnya dibangun dengan bahasa yang beragam. Tergantung dari kebutuhan dan kemampuan yang membangun website itu sendiri.  Salah satu bahasa untuk membuat website menjadi dinamis sehingga dapat kita akses dengan mudah adalah PHP. Jadi sebenarnya apabila kita tidak perlu berhubungan dengan server, atau dalam arti statis. Maka kita cukup menggunakan htm atau html saja dan kalau ingin interaktif ditambah dengan javascript. Mungkin ada yang bertanya-tanya ada htm dan html bedanya apa?. Letak perbedaanya adalah pada saat Microsoft masih awal, Microsoft Windows terutama, belum bisa mengenali file dengan extensi lebih dari tiga karakter. Maka Microsoft membuat extensi sendiri yaitu htm yang berbeda dengan yang telah ada sebelumnya yang dikeluarkan oleh unik yaitu extensi html. Bahasa php ini tidak akan saya bahas terlalu jauh sejarahnya, namun langsung saja pada penggunaanya yaitu  ada beberapa penulisan yang sering dipakai antara lain :

<?php   ?>

Atau

<? ?>

Dua cara tersebut adalah gerbang untuk kita menyisipkan file skrip php kedalam skrip html sehingga file .html atau .htm yang sudah kita sisipi harus kita ubah menjadi file .php  dan harus kita simpan di dalam folder www untuk server yang dipaket menggunakan apserv atau kedalam folder htdoc apabila kita menggunakan xammp.

Sekarang ini penggunaan <? ?> sudah mulai ditinggalkan oleh para developer sistem yang berbasis bahasa PHP. Hal ini dapat kita temui pada beberapa cms atau framework terkenal yang ada di internet.  Mereka menggunakan syntak <?php ?> untuk menyisipkan skrip php mereka.

Penggunaan PHP dirasakan memang sangat memudahkan developer yang membangun sistem.  Meskipun baru belajar, PHP dapat digunakan dengan relative mudah. Apalagi yang sudah pernah belajar bahasa c, c++, atau java. Sintaknya sangat mirip walaupun pasti ada perbedaan, namun maksud dan artinya sama.

Selamat belajar PHP

Iklan
Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Desain, Merancang Web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: