Menambahkan template Web untuk CI

Template untuk CI

CI template

Bagi yang menyukai framework CI mungkin pernah terpikir untuk dapat membuat template yang dapat di gonta-ganti tanpa merubah koding yang banyak. Hal ini yang dulu pernah saya alami dan saya sudah punya solusinya.

Dulu ketika saya setiap ingin membuat sebuah aplikasi CI akan membuat tampilan langsung di bagian View. Setiap ada yang ingin ditampilkan akan saya buatkan sebuah file View baru. Nah hal ini akan merepotkan bila saya mendapat pesanan untuk merubah tampilan sesuai pesanan. Maka saya harus merubah koding di view satu per-satu.

Setelah saya menggunakan GroceryCrud saya baru merasakan bahwa kebutuhan ini benar-benar harus segera saya dapatkan solusinya. Ternyata GroceryCrud memiliki template bawaan dan saya belajar dari sini. Solusi GroceryCrud untuk menampilkan template menurut saya adalah sesuatu yang luarbiasa dan membuat saya sungguh terkesima.

Solusinya kita cuma harus memanggil template dengan:

$this->output->set_template(‘folder template kita’);

Kita tinggal mengganti template sesuai dengan keinginan kita. Bila ingin dinamis kita dapat memanggil folder dengan data template dari tabel database atau kita dapat membuat file config yang sudah kita load di autoload. Yang perlu diingat adalah pada folder template kita harus membuat file template.php. Karena file inilah yang diload untuk menjadi template.

Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Lanjutan, teknik

Tinggalkan Balasan

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

