Membuat Aplikasi Web di Android dalam hitungan detik tanpa Ngoding

Anda sudah punya blog? sering bermain-main dengan RSS? ada berita bagus untuk kita semua. Android saat ini mempunyai popularitas yang bombastis, kita bisa ngikut kepopuleran lewat aplikasi yang kita buat. Pastilah anda sudah mengetahui dan tidak kaget lagi, seperti artikel saya sebelumnya di Android selain kita menggunakan Java kita juga dapat menggunakan pemrograman website. Nah sekarang bagaimana kalau digabung kedua kekuatan besar tersebut?  Java digabung dengan pemrograman Web.

Anda jangan tegang dulu, untuk penggabungan Java dengan Website seperti kita ketahui sebaiknya kita menggunakan pemrograman webservice dengan titik pokoknya pada xml. Di blog yang terkemuka seperti WordPress, Blogspot ataupun pada cms seperti Drupal, Joomla, ataupun WordPress ada fasilitas yang sering kita lihat namun, mungkin sebagian besar dari kita mengabaikannya. Fasilitas tersebut adalah RSS. Fasilitas ini adalah contoh implementasi webservice, sehingga kita dapat melihat tampilan file xml dalam rss tersebut. Dengan RSS ini kita dapat membuat aplikasi android yang mampu membaca isi blog. Bila Anda ingin mencoba aplikasi Android yang membaca RSS blog ini silahkan klik link Membuat Aplikasi Web dalam Android ini atau dalam menu Blogroll saya. Silahkan diinstall di gadget Android Anda. Bila anda ingin mencoba membuat aplikasi seperti ini silahkan ikuti tulisan berikut.

Pertama, siapkan alamat URL RSS blog anda, maksud saya coba anda buka alamat RSS blog anda. Bila anda belum tahu coba cari di google dengan kata kunci rss dan jenis cms blog anda misalnya seperti berikut:

‘Url rss WordPress’ //bila anda menggunakan WordPress

atau ‘Url rss Blogger’ //bila anda menggunakan Blogspot

Silahkan anda sesuaikan menurut CMS blog anda. Setelah ketemu misalkan seperti blog ini URL RSS nya adalah https://inwebsite.wordpress.com/feed/ bila dilihat isinya menampilkan halaman seperti berikut :

Rss blog ini

xml dalam rss

Catatan : Alamat ini harus anda pastikan benar agar tidak error pada aplikasi Android kita nantinya.

Kedua, silahkan menuju ke alamat http://www.freeblogapps.com/.

Isikan alamat URL RSS blog anda pada kolom isian dan klik next

isi URL RSS anda disini

isi URL RSS Anda disini

Setelah next, isi semua isian dengan lengkap dan baca baik-baik petunjuknya. Dalam hitungan detik aplikasi anda sudah siap, Anda dapat mendownload dari komputer kemudian di transfer ke gadget anda atau dapat juga melalui scan barcode (QR mark) atau dapat juga melalui link yang disediakan. Bila tidak dapat Anda download atau install ketika akan menginstall jangan lupa untuk mengaktifkan ‘unknown resource’ di menu setting Android Anda.

Silahkan dicoba dan dinikmati, agar lebih oke anda dapat membagikan aplikasi ini melalui sosial media ataupun email.

Iklan
Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam Pilihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: