Pengalaman Membeli Nama Domain

Pengalaman ini bukan untuk saya banggakan tapi semoga dapat bermanfaat untuk kita sekalian. Dalam beberapa proyek yang pernah saya tangani ada beberapa kejadian pada saat pembelian domain menjadi hal yang mungkin aneh bagi sebagian pelaku internet atau mungkin juga karena saya suka trial and error akhirnya jadi error.

Pengalaman saya ketika membeli domain, yang saya rasakan ribet adalah domain yang mengandung .id baik itu sch.id
.go.id dan id yang lain.Namun, tentu saja yang ter-ribet adalah .go.id karena apa? Betul tebakan anda. Karena masalah birokrasi. Jadi berdasarkan Peraturan Menteri sebuah nama domain yang mengandung .id harus diketahui oleh pemerintah. Jadi bila anda mungkin mengalami keribetan dalam mengurus domain .id saya anjurkan untuk manut saja bila tidak malah lama gak jadi-jadi.

Selain ada yang ribet, Kemarin ingin rasanya belajar kembali mengenai optimalisasi web (SEO). Jadi sambil praktek saya membidik kata yang berasal dari bahasa Jerman. Pada saat pembelian nama, memang agak aneh. Anehnya begini ceritanya, saya mencoba mencari nama yang telah saya bidik di bagian searh domain name di perusahaan penyedia nama domain, awalnya saya mencoba di godaddy.com ternyata kata tersebut tidak bisa digunakan karena mengandung karakter khusus Jerman. Kata yang saya bidik mengandung karakter (ü) di kata für. Namun ketika saya coba di situs lain seperti name.com
ternyata domain tersebut bisa dipesan.

Singkat cerita, akhirnya domain tersebut dapat saya beli. Namun, setelah jadi akhirnya jadinya dibaca berbeda oleh
browser yaitu xn--fr. Sebenarnya awalnya ragu untuk melanjutkan setting, saya mengirim e-mail pada perusahaan
penyedia nama domain tersebut untuk ganti nama atau pembatalan. Tapi iseng-iseng saya coba copy paste nama domain
tersebut di browser dengan menggunakan karakter (ü) di firefox tetap dapat terbaca dengan lancar sedangkan di chrome
bacanya jadi xn--fr. Akhirnya saya biarkan sajalah dengan harapan keyboard orang Jerman dapat mengetikkan nama domain saya dengan sekali sentuh karakter (ü) ini, sehingga tidak jadi masalah.

Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Desain, Lanjutan, Merancang Web, Serba-serbi PHP

Tinggalkan Balasan

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

