Bermain dengan session

Sekitar awal minggu ini, ada seorang teman yang bertanya mengenai cara menyimpan data di php yang di kirim dari form dengan tampilan langsung dibawahnya berupa tabel. Hal ini bukan lah hal sulit bila menggunakan database, masalahnya teman tersebut requestnya yaitu tanpa menggunakan database. Beliau sendiri sudah mencoba dengan menggunakan variabel bertipe array.

form sekaligus datanya tanpa database

form sekaligus datanya tanpa database

Seperti kita ketahui, sebuah variabel di php akan dikosongkan kembali apabila halaman tersebut di refresh. Padahal proses pengiriman data dari form setidaknya melalui proses refresh jadi bila sebuah data dikirim kemudian ditangkap, kemudian data yang kedua dikirim maka data yang pertama hilang. Dari masalah ini setelah utak-atik, sambil nunggu hujan reda di hari Rabu kemarin, akhirnya terpikir bila menggunakan session.

Setelah session dipakai jadilah jawaban dari request teman tadi, jadi diisi banyakpun gak ada masalah, ditampilan gambar diatas total bayar kelihatan ngaco. Gak apa karena ada hitungan diskon yang ada didalam skrip. Setelah disi lagi anda dapat mengosongkan datanya dengan mengeklik tombol hancurkan, maka session akan di nol kan kembali.

Setelah teman tadi saya panggil dan saya tunjukin eh… masih ada errornya. Kesalahan bukan pada pemakaian session tetapi logika yang terburu-buru. Namun akhirnya jadilah hasilnya cukup buat saya tersenyum karena sebenarnya ini mau ditunjukkan untuk mahasiswa yang baru belajar php. Tapi rasanya mahasiswa mampu kok, ya … mahasiswa  buat seperti ini pasti mudah. Semangat!.

Kalau mau lihat skripnya disini

Iklan
Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam Menengah, Serba-serbi PHP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: