Koordinat Bumi Latitude (Lintang), Longitude (Bujur)

Ternyata jadi Developer software itu hampir sama dengan Seorang Safety. Kita boleh ubek-ubek segala bidang ilmu baik eksak maupun sosial. Bahkan dari fisika ke metafisika. Beruntung saya pernah mengalami keduanya. Kalau dijabarkan mungkin panjang sekali ya wilayahnya. Contohnya dulu pernah bantuin buat programnya dukun, gimana nggak lha wong programnya memprediksi sesuatu berdasarkan primbon. Pernah juga masuk ke wilayah agama seperti penentuan hak waris (faraid). Nah tuh asik juga kan wilayahnya “gak dibatasi” meskipun tentu saja masih ada batasnya.

Kali ini masuk wilayahnya bidang geografi, yang banyak digunakan pula untuk kehidupan. Kalau saya pikir kedepan, bila nanti mobil-mobil sudah tidak perlu sopir manual karena menggunakan sistem autopilot seperti pesawat terbang atau kapal laut. Dasar pemikirannya adalah bidang yang akan kita bahas sekarang. Kita akan membahas mengenai Koordinat bumi yang biasa digunakan dalam bidang navigasi. Navigasi atau pandu arah adalah penentuan kedudukan (position) dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta. Untuk menentukan posisi kita perlu tahu koordinat.  Koordinat adalah kedudukan suatu titik pada peta.  Secara teori, koordinat merupakan titik pertemuan antara absis dan ordinat. Koordinat ditentukan dengan menggunakan sistem sumbu, yakni perpotongan antara garis-garis yang tegak lurus satu sama lain. Sistem koordinat yang resmi dipakai ada dua macam yaitu koordinat Geografis(Geographical Coordinate) dan koordinat Grid (Grid Coordinate atau UTM). Dalam menentukan koordinat kita perlu menggunakan latitude dan longitude.

Dalam geografi, garis lintang adalah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap gariskhatulistiwa (utara atau selatan). Posisi lintang biasanya dinotasikan dengan simbol huruf Yunani φ. Posisi lintang merupakan penghitungan sudut dari 0° di khatulistiwa sampai ke +90° di kutub utara dan -90° di kutub selatan.

Bujur kadangkala dinotasikan oleh abjad Yunani λ, menggambarkan lokasi sebuah tempat di timur atau barat Bumi dari sebuah garis utara-selatan yang disebut Meridian Utama. Longitude diberikan berdasarkan pengukuran sudut yang berkisar dari 0° di Meridian Utama ke +180° arah timur dan −180° arah barat. Bujur Barat dan Bujur TImur merupakan garis khayal yang menghubungkan titik Kutub Utara dengan Kutub Selatan bumi dan menyatakan besarnya sudut antara posisi bujur dengan garis Meridian. Garis Meridian sendiri adalah bujur 0 derajat.

Nah kaitannya dengan sebuah file foto atau gambar yang diperoleh dari kamera digital yang mempunyai fasilitas GPS, latitude dan longitude ditunjukkan setiap derajat lintang dibagi menjadi 60 menit (satu menit lintang mendekati satu mil laut atau 1852 meter, yang kemudian dibagi lagi menjadi 60 detik. Untuk keakurasian tinggi detik digunakan dengan pecahan desimal. Informasi ini dapat kita olah menggunakan PHP dan kita masukkan kedalam program GIS yang memanfaatkan Google MAP.

 

Iklan
Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Dasar, Serba-serbi PHP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: