Mengambil Properties File Foto untuk Lokasi GPS bagian 1

Sekarang kita dapat mengambil gambar dengan kamera yang berperangkat GPS. Kelebihan kamera ini kita dapat mengambil koordinat posisi lokasi. Bila anda tidak punya kamera ini anda dapat menggunakan perangkat smartphone yang mempunyai fasilitas GPS. Sebut saja salah satunya perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Bila kita menyalakan fitur GPS di kamera handphone kita dapat mengambil koordinat posisi lokasi dengan “tepat”. Saya maksudkan dengan tepat karena bila kita coba masukkan koordinat lokasi yang diambil kamera ke lokasi google Map maka posisinya tepat menurut saya.

Bila anda masih belum paham silahkan saja dipraktekkan. Misalkan anda mempunyai smartphone Android silahkan buka aplikasi kamera. Kemudian sebelum mengambil gambar silahkan masuk ke menu setting kemudian cari menu GPS centang untuk menyalakan. Tunggu beberapa detik untuk mensinkronisasi bila anda ingin lebih cepat nyalakan juga setting latitude di smartphone anda, Kemudian koneksikan ke internet untuk mempercepat sinkronisasi lokasi.

Bila setting telah siap silahkan anda coba mengambil gambar (Foto) lokasi di sekitar anda. Kemudian bila Foto atau gambar sudah anda peroleh coba lihat detail propertiesnya. Lihat bagian Location, Latitude, dan Longitude. Nah bila sudah terisi angka atau posisi lokasi sudah terisi berarti anda berhasil mengambil koordinat lokasi. Bila anda coba lihat di google map dengan memasukkan koordinat tersebut maka akan ditunjuk lokasi tersebut pada map. Contoh Foto dibawah ini saya ambil menggunakan Smartphone Samsung Y Duos GT-S6102. Silahkan di download klik kanan bila ingin coba.

Foto GPS

Foto diambil dengan GPS dinyalakan

Sebenarnya saya bermaksud tidak sampai disini saja. Namun saya ingin mengambil koordinat ini untuk aplikasi saya yang menggunakan Google Map. Tentu saja harus ngikutin kode API Google ke aplikasi saya. Ketika gambar saya transfer ke laptop dan dibaca menggunakan sistem operasi Windows ataupun Linux ternyata di properties gambar menunjukkan hal yang berbeda dengan yang ditunjukkan smartphone. Di OS Windows atau Linux properties latitude maupun longitude di tunjukkan berupa array. Nah informasi inilah yang saya olah jadi koordinat lokasi aplikasi menggunakan PHP saya. Bersambung …

File menyimpan lokasi

Properties Lokasi di File

Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Lanjutan, Serba-serbi PHP

Tinggalkan Balasan

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

