Cross-origin resource sharing (CORS)

Webservice saat ini dipayakan dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh para pengembang (developer) aplikasi. Perkembangan ini memicu pula penggunaan cloud computing. Bahkan sekarang kita dapat menikmati berbagai layanan baik sosial media seperti facebook, twitter dan masih banyak lainnya dalam genggaman. Para developer berupaya untuk dapat memenuhi segala kebutuhan yang memang dipicu dari kecepatan penemuan baru yang langsung dapat kita lihat dan nikmati sekarang ini. Transfer data antar domain maupun online ke aplikasi desktop dapat dilakukan dengan sangat mudah, namun tentu saja dengan persyaratan yang terpenuhi.

Ketika kita ingin melakukan transfer data berformat JSON, secara cross domain, baik dalam localhost maupun dalam jaringan. Kita tidak dapat serta-merta dengan mudah mengambil data tersebut dengan javascript  secara langsung. Browser membatasi hal tersebut dengan memberikan peringatan Origin null is not allowed by Access-Control-Allow-Origin.

Bagaimana bila kita ingin membuka akses untuk melakukan hal ini?. Ternyata solusinya cukup mudah kita tinggal menambahkan baris :

header(‘Access-Control-Allow-Origin: *’);

skrip diatas di sematkan pada file php yang menggenerate skrip menjadi JSON. Bila tidak ingin berkali-kali menulis kita tinggal pasang di file yang hierarkinya lebih tinggi. Skrip ini juga bermanfaat bilamana kita ingin membuat aplikasi Hybrid, kita dapat mencobanya dengan server online ataupun di localhost.

Iklan
Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Lanjutan, Merancang Web, Serba-serbi PHP, tambahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: