Hybrid Application dengan Web Service

Sudah lama sebenarnya  saya menunggu kedatangannya, bahkan sejak saya mulai mengenal bahasa pemrograman. Pada saat itu saya sedang mempelajari satu persatu bahasa pemrograman mulai pertama kali script flash, sampai terakhir java. Pada saat saya mempelajari java, banyak hal yang saya sukai. Karena sifatnya yang WORA (Write Once Run Anywhere).  Akhirnya yang saya tunggu telah datang, dia adalah hybrid application. Apa itu hybrid application? sebelumnya kita perlu mengingat dahulu :

  • Kita mengenal istilah Native Application yaitu applikasi yang dikembangkan spesifik pada salah satu Platform dan diinstall di komputer. Contohnya Desktop applikasi kita bangun salah satunya menggunakan delphi, Android menggunakan java dengan IDE Eclipse, aplikasi linux dibuat menggunakan c++ dengan IDE emacs or vim dan lain-lain. Jenis aplikasi ini biasanya didevelop menggunakan IDE. Dalam pembuatannya kita perlu melakukan debugging, project management, version control,  dan seterusnya. Ketika kita ingin membuat sebuah applikasi  yang berbeda OS yang dalam pengembangannya seharusnya memerlukan IDE yang berbeda serta bahasa yang berbeda, maka banyak bagian yang harus kita benahi untuk dapat membuat sebuah aplikasi itu dapat berjalan di lingkungan yang berbeda. Contohnya kita ingin membuat aplikasi yang dapat berjalan di Android dan iOS maka agar sebuah applikasi dapat berjalan sempurna kita perlu membuat ulang di IDE yang berbeda dengan bahasa yang berbeda.
  • Kemudian kita mengenal pula istilah Web Application yaitu aplikasi yang berjalan berbasis web. Pastilah anda sudah paham betul mengenai yang satu ini.  Apabila anda belum mengenalnya maka anda sudah ketinggalan jauh. Sekarang ini, internet sudah masuk ke pelosok desa, dan salah satunya blog ini merupakan contoh web application. Aplikasi ini berkembang sejak 1999 dan terus berkembang sampai saat ini. Aplikasi ini sekali dibuat kemudian diupload ke server  maka dapat di buka di platform yang berbeda-beda. Aplikasi ini juga tidak perlu diinstall ke dalam setiap client.

Sedangkan Hybrid Application adalah aplikasi yang mengkombinasi antara Native aplication dan Web application. Biasanya istilah ini banyak digunakan dalam context mobile computing (bukan berarti stand alone tidak bisa). Sekali ditulis dan dicompile anda dapat mengistalnya di suatu platform dan device layaknya native application namun untuk aksesibilitas yang multi platform baik desktop atau mobile dapat berjalan dengan baik layaknya web application.

Kelebihan Hybrid application :

  • Dapat berfungsi dalam kondisi baik terhubung jaringan (termasuk internet) maupun tidak.
  • Integrasi dengan file system perangkat.
  • Integrasi dengan Web-services.
  • Embed dengan browser untuk meningkatkan akses ke konten online secara dinamis.

Bila diilustrasikan dengan gambar maka seperti berikut ini:

Ilustrasi aplikasi Hybrid

Ilustrasi aplikasi Hybrid

Dalam berhubungan data, Hybrid application bisa memiliki database server sendiri atau langsung melalui web service atau juga keduanya. Bila anda mendalami lebih lanjut mengenai hal ini, maka anda akan memahami alasan sebenarnya saya menggunakan format JSON dalam webservice bukan SOAP ataupun XML-RPC. Mungkin alasan itu pulalah yang mendasari twitter menggunakan REST-nya dengan JSON. Untuk penggunaanya JSON lebih ringan dikompress dengan JSONH dan dengan pengamanan enkripsi AES-256 atau RSA.

Iklan
Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Lanjutan, Merancang Web, Serba-serbi PHP, teknik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: