Install dan Uninstall SDK Android, BB, Nokia di Eclipse GUI Editor

Kali ini ingin menulis mengenai GUI Editor. Editor gratis yang menyediakan banyak sekali plugin salah satunya adalah Eclipse. Dari beberapa editor pemrograman webworks ataupun hybrid ternyata mempunyai base yaitu eclipse. Ketika saya download Eclipse bundling dengan sdk Android saya coba sekalian install webworks BlackBerry. Sayangnya versi webworks BlackBerry untuk plugin Android sudah tidak dilanjutkan. Akhirnya saya download secara terpisah dan diinstall terpisah. Namun untuk penanganan layer hybrid tetap saya pertahankan menggunakan Eclipse.

Kemudian saya mencoba membuat Air bergabung bersama Android di satu Eclipse. Setelah saya coba install Aptana versi 3 di Eclipse Bundling Android SDK ternyata hasilnya sama seperti ketika saya menginstall Webworks BlackBerry yaitu gagal. Aptana berhasil diinstall namun dukungan untuk Adobe Air ternyata belum ada. Jadi seharusnya saya menginstall aptana versi 3 di Eclipse. Akhirnya saya putuskan download aptana versi 2 stand alone  dan diinstall Adobe Air, hasilnya sukses.

Kemudian Nokia Web Dev Environment kali ini langsung saya install terpisah dari Eclipse bundling namun ternyata mempunyai base Eclipse juga. Jadi kesimpulan saya banyak sekali editor untuk pemrograman mobile device yang dibangun dengan Eclipse sebagai basenya. Yang belum saya coba adalah IOS sebab SDKnya belum berhasil karena persyaratan yang belum dapat terpenuhi yaitu Mac.

Eclipse Android

Eclipse bundling SDK Android

Karena berkali-kali coba install plugin di Eclipse bundling namun akhirnya tetep menginstallnya di bundling yang lain, sehingga banyak plugin yang tidak terpakai. Nah timbullah pertanyaan bagaimana cara menghapus atau uninstall plugin di Eclipse. Ternyata caranya sangat mudah yaitu dengan klik help – about Eclipse – installation details – pilih plugin yang akan diuninstall – uninstall

Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: ,
Ditulis dalam tambahan

Tinggalkan Balasan

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

