Membangun Aplikasi BlackBerry (BB)

Dulu saya membayangkan membuat aplikasi BlackBerry itu rumit bahkan saya tidak tahu harus mulai dari mana. Setelah beberapa kali trial (coba-coba) saya menyimpulkan memang rumit tetapi tidak sesulit yang saya bayangkan. Hal yang perlu diperhatikan pada waktu membangun aplikasi Blackberry yang pertama yaitu pada SDK. Karena saya dulu sangat bersemangat jadi dua macam SDK yaitu BB 10 dan untuk versi dibawahnya saya download kemudian saya install. Pada saat itu saya menggunakan IDE Eclipse untuk membangun aplikasi BB.

Setelah SDK ternyata ada hal yang belum selesai yaitu bahasa pemrograman yang ingin kita gunakan. Blackberry menyediakan plugin Eclipse yang mendukung bahasa Java. Saya suka itu, namun saya akui saya kurang luwes untuk membuat interface menggunakan java. Maka saya pilih yang saya suka yaitu menggunakan CSS (Cascading Style Sheet) di racik dengan HTML5 dan Javascript. Namun SDK yang sudah terlanjur saya install ternyata harusnya berbeda dengan yang saya butuhkan yaitu menggunakan webworks. Sekali-lagi installasi lagi dan kemudian time to code.

Setelah aplikasi sudah dicoding, ternyata ada yang perlu di lakukan yaitu mencoba di emulator. Nah ternyata butuh emulator . Emulator yang saya gunakan awalnya simpack  dari SDK yang diikut sertakan sewaktu download versi webworks. Namun karena loadnya memakan waktu yang lama bahkan menurut saya lebih lama dari emulator android maka saya menggunakan Ripple. Setelah itu Run dan waw it works! tapi masih di emulator.

Karena saya menggunakan Cordova untuk build apps saya awalnya lebih suka menggunakan ant (dijalankan melalui command prompt). Namun ada eror pada setting path SDK. Karena saya memang memindah posisi default installasi SDK ternyata hal ini memicu saya menggunakan Ripple yang mudah sekali digunakan dengan menjalankan Browser Google Chrome. Setelah setting path selesai ternyata ide membenahi ant timbul dan akhirnya berhasil. Alhamdulillah saat tulisan ini ditulis (Agustus -2013) saya sudah berhasil coba-coba webservice untuk Blackberry yang memang ada hal yang agak berbeda dengan saat saya membuat aplikasi Air, Android dan Nokia. Terutama dalam masalah CORS (Cross Origin Resource Sharing) di Ripple.

aplikasi BB

contoh tampilan BB

Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Lanjutan, tambahan, teknik

Tinggalkan Balasan

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

