Mengamankan Server (Xampp)

Artikel ini sebenarnya tidak saya rencanakan untuk saya tulis. Tetapi berhubung ada kejadian yang memicu saya untuk menulisnya, akhirnya jadilah tulisan ini. Bermula dari pengamanan web service menggunakan AES ( Enkripsi 256 ). Ingin pula mengamankan sisi servernya. Karena di server website saya menggunakan Xampp, mulailah saya hunting artikel tentang security xampp. Ketemulah salah satu cara yaitu pengamanan server dengan cara memberi password untuk xampp. Cara kerjanya yaitu setiap kali masuk localhost dan phpmyadmin pengguna akan ditanya password.  Settingnya cukup sederhana yaitu silahkan ketikkan http://localhost/security/index.php

maka akan tampil formulir sebagai berikut:

Image

Di tampilan gambar diatas, anda dapat memberikan password baru untuk server database, dan juga untuk direktori xampp. Silahkan ikuti aturannya ketika sudah selesai prosesnya silahkan tutup tab browser anda kemudian coba ulangi masuk ke halaman http://localhost/security/index.php bila berhasil maka anda akan ditanya password. Bahkan setiap kali anda masuk localhost ditanya password. Tampilannya sebagai berikut:

Image

Nah pemicu tulisan ini ditulis adalah karena faktor manusiawi, Saya lupa username dan passwordnya jadi ketika masuk xampp selalu ditanya password. Hal ini membuat beberapa hari jadi tidak leluasa buka xampp. Namun sejak tulisan ini saya tulis 29/9/2013 solusinya sudah ketemu. Dan ternyata tidak ribet, solusinya saya tulis di artikel selanjutnya yah.. .

Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Dasar, Merancang Web, Serba-serbi PHP

Tinggalkan Balasan

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

