Menggunakan Enum Pada CodeIgniter

Pada database MySQL kita dapat menjumpai tipe data pilihan yaitu enum atau set. Bila kita menggunakan enum maka kita hanya dapat menggunakan salah satu dari pilihan dan sebaliknya bila set kita dapat menggunakan lebih dari satu dari pilihan yang ada dalam masing-masing tipe data tersebut. Yang saya bahas kali ini adalah penggunaanya dalam CodeIgniter. Ketika saya menggunakan untuk Website dan Menggunakan GroceryCrud, tipe data ini langsung dapat dikenali dan langsung menjadi sebuah menu dropdown. Namun ketika saya menggunakan untuk parsing sebuah aplikasi hybrid saya harus mengambil isinya.

Karena kebutuhan saya tersebut, maka saya membuat sebuah fungsi yang dapat saya gunakan dengan memanfaatkan nilai kembalian berupa array dari fungsi tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada skrip berikut

function field_enums($table = '', $field = '')
    {
        $enums = array();
        if ($table == '' || $field == '') return $enums;
        $CI =& get_instance();
        preg_match_all("/'(.*?)'/", $CI->db->query("SHOW COLUMNS FROM {$table} LIKE '{$field}'")->row()->Type, $matches);
        foreach ($matches[1] as $key => $value) {
            $enums[$value] = $value; 
        }
        return $enums;
    }  

dan Penggunaanya sebagai berikut:

$enum= $this->field_enums($table,$field->name);
foreach($enum as $key){ $x++;
	$data->detilContent .= '
	name.'" id="'.$field->name.'-'.$x.'" value="'.$key.'">
	name.'-'.$x.'">'.$key.'
	';
}
Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Dasar, Merancang Web, Serba-serbi PHP

Tinggalkan Balasan

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

