Game Engine Compiler untuk Android

Minggu ini saya sedang tertarik dengan pembuatan game. Karena basic saya pemrograman web maka saya lebih tertarik menggunakan engine yang menggunakan pemrograman HTML5 dan Javascript. Sekarang ini ternyata banyak engine yang sudah mendukung HTML5. Saya juga ingin agar engine yang saya gunakan mendukung untuk dikembangkan ataupun di compile menjadi Android dan IOS. Tentu saja saya pilih engine game HTML5 dan JS yang gratis.

Dalam game, kecepatan merupakan hal yang pokok. Tanpa kecepatan yang bagus game tidak lagi menarik. Walaupun game tidak selalu bertema kecepatan. Namun, bila game memakan waktu yang tidak semestinya akan membuat pengguna merasa tidak nyaman dan akhirnya game diuninstall. Banyak programmer game HTML5 dan JS terbentur masalah kecepatan game ini ketika menggunakan Phonegap atau Apache Cordova untuk membuat .apk. Banyak programmer mengeluhkan game yang dihasilkan tidak begitu bagus performa kecepatannya.

Setelah banyak mencari literatur, saya menemukan beberapa pilihan engine yang menarik bagi saya. Saya baru tahu bahwa ada engine yang digunakan untuk membuat Angry Bird dan Cut the rope. Engine ini sudah tidak diragukan lagi atas performa game yang dihasilkan. Engine tersebut bernama cocos2d-x. Cocos2d-X mempunyai cara kerja yang unik untuk berjalan di Android dan OS yang lain, sehingga kecepatannya menjadi sangat baik. Karena tertarik, saya download engine tersebut. Engine tersebut gratis dan ada pilihan untuk membangun game dengan bahasa javascript. Pilihan javascript dapat digunakan dengan memilih cocos2d-js. Setelah saya install saya coba untuk membuat project game dari contoh. Ternyata ada beberapa hambatan yang saya alami, antara lain:

Project saya tidak dapat diemulasikan sebagai aplikasi windows, dan tidak dapat di compile menjadi aplikasi windows. Setelah saya cari penyebabnya ternyata dukungan hardware yang memang kurang. Kartu grafis saya menggunakan onboard intel yang tidak mendukung cocos2dx untuk dukungan OpenGL. Namun, ada pilihan untuk mengemulasikan yaitu di browser dan hasilnya lancar.

Kemudian hambatan saya menggunakan cocos2d-x yang lain adalah project saya tidak sempurna dalam membuat .apk. Setelah saya coba untuk compile dan mencoba diemulasikan langsung di Handphone. Game berhasil dibuat dan performa kecepatan game bagus seperti game level angry bird atau cut the rope. Namun ketika saya compile menjadi .apk, apk tidak dapat dijalankan. Akhirnya saya berpikir untuk menggunakan alternatif lain yang didukung oleh peralatan dan kemampuan saya.

Akhirnya setelah browsing sana-sini, saya menemukan bahwa intelXDK baru saja mengeluarkan produk yang support untuk pembuatan game. Kebetulan game yang disupport semuanya menggunakan engine HTML5 dan JS. Salah satu template projectnya menggunakan engine Phaser. Dan Kebetulannya lagi saya baru saja mendownload phaser untuk latihan. Setelah saya coba ternyata template dalam intelXDK berbeda orientasinya dengan contoh yang disediakan phaser. Contoh phaser  masih menggunakan pemrograman fungsional dan template intelXDK sudah menggunakan pemrograman berorientasi objek javascript. Ada beberapa hal yang masih saya pelajari dan saya coba dengan engine phaser ini. Namun saya senang intelXDK mendukung pembuatan game HTML5. Dan menurut beberapa literatur cara kerja intelXDK berbeda dengan kita membuat project menggunakan phonegap native. Dimana hasil compile dari intelXDK berjalan dengan kecepatan bagus di Android.

Perihal

I am system analyst, my specialization are Web programming, mobile programming also graphic design.

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam Android, Menengah Android

Tinggalkan Balasan

Produk Promo
Desktop Mini PC Intel Core i3
Kategori Tulisan

Klik untuk mendapatkan Update melalui email anda

Bergabunglah dengan 164 pengikut lainnya

